Masa Pendaftaran Calon Pj.Gubernur Maluku di Perpanjang

Panja Calon Pj.Gubernur Maluku menggelar konferensi pers.
Panja Calon Pj.Gubernur Maluku menggelar konferensi pers.

Panitia Penjaringan (Panja) DPRD Provinsi Maluku calon Penjabat (Pj) Gubernur Maluku perpanjang masa penjaringan sampai dengan tanggal 25 November Tahun 2023.


“Kita akan melaksanakan perpanjangan masa pendaftaran calon Penjabat Gubernur Maluku dari DPRD Provinsi Maluku di buka kembali sejak tanggal 23–25 November Tahun 2023 sampai Pukul 17.00 wit.” Kata Ketua DPRD Maluku, Benhur G.Watubun kemarin.

Perpanjangan waktu pendaftaran ini dilakukan berdasar pada  surat Mendagri tanggal 10 November tahun 2023 yang menegaskan di salah satu poinnya bahwa Kemendagri memberikan masa pengusulan untuk Pj Gubernur dari DPRD Provinsi Maluku paling lambat tanggal 6 Desember tahun 2023.

" Kita berharap dengan proses masa perpanjangan ini maka secara terbuka, secara transparan tokoh-tokoh terbaik Maluku maupun tokoh-tokoh terbaik bangsa yang berminat Daftar sebagai calon Penjabat Gubernur dapat melakukan proses pendaftaran," kata Benhur.

Menurut Watubun, DPRD berkeinginan seiring perpanjangan masa pendaftaran para kader bangsa yang diusulkan ke Kemendagri untuk menjadi Penjabat  Gubernur  adalah tokoh-tokoh yang dapat dipertanggungjawabkan secara politik , hukum dan moral terkait dengan kapasitas , kapabilitas bahkan  tanggung jawab untuk melanjutkan tugas-tugas Pemerintahan dan pelayanan publik terhitung 1 Januari sampai dengan 31 Desember Tahun 2024

“Kami berharap semoga doa dari kita semua kiranya usulan dari DPRD ini kedepan dapat di terima oleh Pemerintah Pusat.” ungkap Watubun.

Pada kesempatan itu, Benhur juga menguraikan sesuai  dengan peraturan Mendagri Nomor 04 Tahun 2023 terdapat dua pihak yang bisa dipakai untuk pengusulan nama Penjabat Gubernur yakni DPRD dan Mendagri .

" Jadi DPRD dapat mengusulkan 3 nama calon Penjabat Gubernur. Artinya bisah mengusulkan 1 nama tapi maksimal bisah mengusulkan 3 nama.

Dengan begitu seluruh proses ini dapat kita lakukan secara baik, tertanggung jawab ,dan transparan, demokratis sehingga dapat menjawab harapan dari rakyat Maluku," urainya.


Hingga 23 November Terdapat 4 Pemalar yang Terdaftar

Sementara Ketua Panja Calon Penjabat Gubernur Maluku, Jantje Wenno mengaku, hingga 23 November 2023, telah ada empat nama yang mendaftar, masing-masing  Rektor Universitas Pattimura Ambon Prof. Dr. M.J. Saptenno, SH, M.Hum, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si, dan Mayjen TNI-AD Dominggus Pakel, M.M.S.I. juga Wakil ketua Komnas HAM Dra.Olivia Salampessy/ Latuconsina.(*)