Jokowi Gratiskan Biaya Pengobatan Pasien Gagal Ginjal Akut

 Presiden Joko Widodo/Net
Presiden Joko Widodo/Net

Presiden Joko Widodo memerintahkan agar pengobatan pasien gagal ginjal akut diberikan secara gratis. Ia juga memerintahkan jajarannya untuk memastikan fasilitas kesehatan tidak mengambil pungutan biaya pengobatan.


Hal itu disampaikan Jokowi dalam arahannya selama Rapat Penanganan Gagal Ginjal Akut di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Senin (24/10).

"Saya minta diberikan pengobatan gratis kepada pasien-pasien yang dirawat. Saya kira ini penting sekali," ucap Jokowi, seperti dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Pada kesempatan itu, Jokowi mengatakan telah memerintahkan Kementerian Kesehatan untuk menyetop sementara penggunaan obat yang diduga tercemar zat yang memicu gagal ginjal. Langkah ini dilakukan sembari menunggu investigasi menyeluruh oleh BPOM.

Sementara untuk BPOM, Jokowi memerintahkan agar obat yang terbukti menjadi pemicu gagal ginjal akut diumumkan ke publik.

Di samping itu, Jokowi meminta agar pelayanan kesehatan dan pengadaan obat-obatan untuk mengatasi masalah gagal ginjal akut dapat segera ditangani.