AMAK Desak Kejaksaan Kejar Tersangka Lain di Korupsi Pasar Langgur

Rustam Fakaubun, Wakil Ketua Bid.Hub Antar Lembaga
Rustam Fakaubun, Wakil Ketua Bid.Hub Antar Lembaga

Angkatan Muda Anti Korupsi (AMAK) Kabupaten Maluku Tenggara mendukung upaya Kejakasaan Tinggi Maluku dalam membongkar mega korupsi pembangunan Pasar Langgur.


" Kami mengapresiasi keputusan Kejaksaan Tinggi Maluku yang telah menetapkan tersangka dalam kasus pembangunan Pasar Langgur," kata  Wakil Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga AMAK Kabupaten Maluku Tenggara, Rustam Fakaubun dalam rilis yang diterima redaksi. Jumat 24 November 2023.

Akat tetapi dalam kasus pembangunan Pasar Langgur, terdapat banyak pihak yang terlibat, sehingga sangat elegan jika kemudian, semua yang terlibat dapat diperiksa lagi, semisal Penjabat Pembuat Komitmen, serta pihak lain di luar instansi pemerintah yang mengerjakan paket tersebut.

"Saya anggap penetapan tersangka saudara DFF ini untuk kasus Pasar Langgur merupakan pintu masuk guna mengungkap pelaku sebenarnya yang mengakibatkan pembangunan pasar terbengkalai dan negara mengalami kerugian," ujar Fakaubun.

Pada kesempatan itu, Fakaubun juga menganggap dengan adanya penetapan tersangka pada kasus pembangunan Pasar Langgur  menjadi bukti jika kasus-kasus lain yang pernah dilaporkan AMAK  dapat diusut Kejaksaan Tinggi Maluku.

Seperti mangkraknya Jembatan Pulau Dian Pulau Tetoat, terbengkalainya pembangunan Kantor Bupati Maluku Tenggara, Gedung DPRD Maluku Tenggara serta jembatan Fery. Kasus-kasus ini telah dilaporkan AMAK.

" Kami juga berharap agar mangkraknya Jembatan Dian Pulau Tetoat, kantor Bupati Malra, gedung DPRD Malra, dan Jembatan Ferry, juga segera harus diungkap sebab dugaan kami yang mengerjakan semua proyek mangkrak itu merupakan orang yang sama," harapnya.(*)